Lumbung Pangan dan Cadangan Pangan Masyarakat

Kegiatan Lumbung Pangan Masyarakat merupakan alokasi anggaran APBN di Pulau Mecan Kecamatan Belakang Padang yang dikelola oleh kelompok Anugerah Bersatu, tahun 2013 pendirian Lumbung Pangan ( gudang beras) sedangkan pengisian dilaksanakan pada tahun 2014 yaitu 90 Karung beras ( 1,5 Ton), untuk Cadangan Pangan Masyarakat merupakan kegiatan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Tahun 2017 yang bersumber dari anggaran APBD Kota Batam. Tujuan dari kegiatan Cadangan Pangan Masyarakat (CPM) adalah memudahkan masyarakat sekitar untuk membeli beras dengan harga yang terjangkau.

Kelompok yang mengelola Cadangan Pangan Masyarakat (CPM) terdiri dari 3 kelompok yaitu : 1). Kelompok Sarang Bersatu yang terletak di Pulau Sarang Kecamatan Belakang Padang, 2).Kelompok Bulang Berkah yang terletak di Pulau Bulang Lintang Kecamatan Bulang dan 3). Kelompok Subang Mas Berlian di Kelurahan Subang Mas Kecamatan Galang.

Ketiga kelompok ini mendapatkan bantuan cadangan pangan masyarakat masing-masing kelompok sebanyak 8 (delapan) ton beras.Hingga saat ini keempat (4) kelompok tersebut masih aktif melakukan pengelolaan Cadangan pangan Masyarakat.

Scroll Up