PELATIHAN PENGOLAHAN HASIL PETERNAKAN

PELATIHAN PENGOLAHAN HASIL PETERNAKAN

 

 

 Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam  melalui Bidang Peternakan pada Kegiatan Peningkatan Pengolahan, Pemasaran dan Perlindungan Produk Hasil Peternakan tahun 2017,  bekerjasama dengan Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ditjen Peternakan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Jakarta dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara,  Bogor, melaksanakan Pelatihan Pengolahan Hasil Peternakan dengan peserta kelompok perwakilan wanita / PKK kecamatan atau masyarakat yang berasal dari empat Kecamatan yaitu Kecamatan Galang, Nongsa, Sei Beduk dan Batu Aji.
 
     Pelatihan dilaksanakan selama dua hari di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam yang waktu pelaksanaannya sebanyak dua kali mulai tanggal 20 s/d 21 Maret 2017  diikuti oleh peserta dari Kecamatan Nongsa dan Kecamatan Galang sebanyak 15 orang dan tanggal 22 s/d 23 Maret 2017 diikuti oleh peserta dari Kecamatan Sagulung dan Batu Aji sebanyak 20 orang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta melatih kelompok wanita untuk bisa mandiri dalam rangka pengolahan produk peternakan yang dihasilkan dan juga meningkatkan jumlah dan jenis produk hasil peternakan yang dipasarkan serta tersebarnya teknologi pengolahan hasil peternakan kepada masyarakat.
 
     Sebagai Narasumber dari kegiatan pelatihan tersebut adalah Rini Prastianty, S.Pt dari Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Jakarta, Elies Lasmini, S.Pt, MSi  dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Jawa Barat dengan Instruktur Ibu Drh. Dwi Windiani dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara Jawa Barat.
 
     Materi Pelatihan antara lain meliputi Diversifikasi olahan daging ayam yaitu pembuatan aneka makanan olahan yang berasal dari ayam seperti nugget, rollade, Chicken katsu, siomay, chicken wing dan lain-lain, Bahan baku olahan hasil ternak yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal), Praktek pembuatan aneka olahan ayam, Manfaat Kefir dan praktek pembuatan Kefir dan pembentukan kelompok pengolahan hasil peternakan. 
 
     Setelah mengikuti pelatihan pengolahan hasil peternakan tersebut diharapkan peserta mampu untuk menumbuhkembangkan usaha pengolahan hasil peternakan sehingga dapat mewujudkan kemandirian pangan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up